RAKATA

Ragam KSDA Dalam Berita

Harimau Sumatera, Dimanakah Engkau Berada..

Tinggalkan komentar

DSC_5620Sejak tahun 2013 Balai KSDA Lampung selalu melakukan kegiatan inventarisasi Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dengan menggunakan kamera/video trap di Kawasan Hutan Lindung Register 39 Batutegi Kabupaten Tanggamus. Tahun 2013 dan 2014 Kamera berhasil menangkap sosok satwa dari keluarga Felidae tersebut. Tapi pada tahun 2015, si belang tak lagi tertangkap jepretan kamera Bushnell Balai KSDA Lampung. Harimau Sumatera, dimanakah engkau berada…??

Pertanyaan itu menggelayuti 20 orang yang tergabung dalam Tim Inventarisasi Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) Kawasan Hutan Lindung Register 39 Batutegi. Setidaknya telah 3 bulan tim ini bekerja sejak Oktober hingga Desember 2015, dengan memasang kurang lebih 23 kamera/video trap di tiga lokasi yaitu Way Rilau, Air Jernih dan Talang Ajir.

Lokasi pemasangan kamera/video trap tahun 2015 adalah lokasi pada tahun 2013 dan 2014 ditemukan jenis Harimau Sumatera ditambah beberapa titik lokasi baru untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan si belang melintas ketempat tersebut.

Dari analisa kamera/video trap, diperoleh hasil yang kurang memuaskan, karena Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) tidak terekam oleh kamera/video trap. Namun beberapa satwa mangsa berhasil terekam diantaranya adalah Kijang (Muntiacus muntjak), Monyet Ekor Panjang  (Macaca fascicularis), Beruk (Macaca nemestrina),  Babi Hutan (Sus scrofa), Beruang Madu (Helarctos malayanus), Macan Dahan (Neofelis nebulusa), Napu (Tragulus napu), Kucing Hutan (Felis bengalensis), Kucing Emas (Felis temmincki), Musang Luwak (paradoxurus hermaproditus), Bajing Tanah Bergaris (Lariscus hosei), Biawak (Varanus salvator), Ayam Hutan (Gallus gallus), Kuau (Argusianus Argus), Trenggiling (Manis javanica), Tikus Hutan (Ratus ratus), Burung Trucuk (Pycnonotus goiavier), dan Burung Peregam (Ducula whartoni).

mangsa

Inventarisasi Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Kawasan Hutan Lindung Register 39 Batutegi akan terus dilakukan setiap tahunnya untuk mengetahui keberadaan dan populasi satwa liar yang dilindungi yang masuk dalam satwa yang terancam punah tersebut di satu-satunya kawasan hutan lindung yang masih memiliki kondisi hutan yang cukup baik di Provinsi Lampung.

Semoga saja si belang tidak hilang, mungkin si belang sedang bersembunyi merias dirinya untuk siap-siap berselfie ria di kamera trap kami tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

 

***Syarif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s