RAKATA

Ragam KSDA Dalam Berita

Semarak Hari Bakti Rimbawan ke-31 di Lampung

Tinggalkan komentar

Pada 16 Maret 2014, rimbawan telah mencapai hari baktinya yang ke-31 tahun. Peringatan yang bersamaan dengan berdirinya Departemen Kehutanan (sekarang Kementerian Kehutanan) tahun 1983, membawa visi, misi, dan proses pembangunan kehutanan yang tidak terlepas dari peran para rimbawan sejak tahun berdirinya. Rimbawan merupakan orang yang memiliki loyalitas terhadap pembangunan kehutanan dan diharapkan peran serta tanggung jawabnya untuk kelestarian hutan dan terikat oleh norma-norma dalam Kode Etik Rimbawan. Menjadi rimbawan penuh dengan tantangan yang harus dihadapi.

 “Dengan Semangat Bakti Rimbawan Kita Tingkatkan Soliditas Menuju Kehutanan Baru” adalah tema peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun 2014 ini. Tema ini dimaksudkan untuk menyemangati para rimbawan di seluruh Indonesia untuk terus berkiprah memberikan sumbangan dan bakti dalam pembangunan kehutanan nasional dimanapun berada. Pemerintah berkepentingan bahwa sumber daya hutan Indonesia yang luas yang kita miliki harus diurus, dikelola, diusahakan, dikonservasi, dilindungi, direboisasi, dan dihijaukan secara berkelanjutan untuk mewujudkan pengelolaan hutan lestari dan memakmurkan bangsa Indonesia. Demikian nukilan sambutan tertulis Menteri Kehutanan yang dibacakan oleh Ir. John Kennedy, MM. (Kepala Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan) selaku Inspektur Upacara di Lapangan Upacara Balai Pengelolaan DAS Way Seputih-Way Sekampung pada 24 Maret 2013. Hadir sebagai peserta upacara adalah PNS dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, dan UPT Kementerian Kehutanan yakni Balai KSDA Lampung, Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS), Balai Taman Nasional Way Kambas (BTNWK), Balai Pengelolaan DAS (BPDAS) Way Seputih-Way Sekampung, Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi (BP2HP) Wilayah VI Lampung, dan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wil XX Lampung.

 Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Bakti Rimbawan ini relevan dengan Hari Hutan Internasional (International Day of Forest) atau Hari Hutan se-Dunia yang mengambil tema “Hutan Kita, Masa Depan Kita” yang jatuh setiap tanggal 21 Maret. Hari Hutan Internasional ditetapkan berdasarkan resolusi PBB 67/200 pada 21 Desember 2012 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran publik di seluruh dunia tentang pentingnya keberadaan semua jenis hutan dan pohon di luar hutan. Fokus utama kampanyenya yaitu menjaga keberadaan hutan di dunia yang dilakukan dengan melindungi hutan, memanfaatkan hasil hutan, dan menjadikan hutan sebagai tempat rekreasi alam untuk kesejahteraan manusia. Sederet hari peringatan lingkungan hidup yang digelar pada bulan Maret adalah peringatan Hari Satwa Liar se-Dunia (World Wildlife Day) pada 3 Maret, Hari Air se-Dunia (World Water Day) pada 22 Maret, dan Hari Bumi (Earth Hour) pada 29 Maret.

Rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan yang dipusatkan di Dinas Provinsi Lampung dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain penanaman bibit pohon, perlombaan olahraga dan kesenian (bulu tangkis, tenis meja, bola voli, sepak bola, senam poco-poco, dan paduan suara), senam bersama, upacara, bakti sosial (donor darah), dan jalan sehat bersama. Turut memeriahkan gelaran tahunan ini adalah seluruh UPT Kementerian Kehutanan di Provinsi Lampung dan Dinas Provinsi/ Kabupaten di Provinsi Lampung. Berbagai piala dan hadiah disiapkan untuk memacu semangat rimbawan.

Nama Perlombaan Peringkat Juara Nama Instansi (pemenang)
Bola Voli I Dinas Kehutanan Provinsi Lampung
II BTN Way Kambas
III BBTN Bukit Barisan Selatan
Bulu Tangkis I BP4K Lampung Timur
II Dinas Kehutanan Provinsi Lampung
III BKSDA Lampung
Sepak Bola I BKSDA Lampung
II BTN Way Kambas
III Dinas Kehutanan Provinsi Lampung
Tenis Meja I BBTN Bukit Barisan Selatan
II BP2HP Wilayah VI
III BKSDA Lampung
Senam Poco-poco I BKSDA Lampung
II BP2HP Wilayah VI
III BBTN Bukit Barisan Selatan
Paduan Suara I Dinas Kehutanan Provinsi Lampung
II BP2HP Wilayah VI
III BKSDA Lampung
Harapan I BPDAS Way Seputih–Way Sekampung
Harapan II BTN Way Kambas
Harapan III BPKH Wilayah XX

Harapan kedepannya adalah kekuatan korsa rimbawan selalu terjalin dan saling mendukung satu sama lain sehingga permasalahan di lapangan dapat diatasi dengan baik sebagaimana tema yang diusung pada Hari Bakti Rimbawan ke-31. Hidup Korsa Rimbawan, salam lestari.

*** Dian Novita, S. Hut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s