RAKATA

Ragam KSDA Dalam Berita

Membentuk Pionir Konservasi di Bumi Lampung

Tinggalkan komentar

IMG_3020Dalam rangka mewujudkan kepedulian dan komitmen terhadap pembinaan generasi muda yang berada di Provinsi Lampung, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Lampung telah memformulasikan perencanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam bentuk pengembangan bina cinta alam serta pe­nyuluhan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai permasalahan lingkungan seperti degradasi hutan, banjir, kebakaran, kekeringan, dan tanah longsor yang menjadi bukti kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat akan kelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya. Oleh karena itu sudah menjadi kesadaran bersama bahwa kelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya adalah tugas dan tanggung jawab setiap masyarakat. Aktualisasi peran masyarakat di bidang konservasi, khususnya generasi muda dalam pengelolaan sumber daya alam dapat diwujudkan dalam berbagai peran yang salah satunya adalah kesediaan menjadi kader konservasi. Kader konservasi sesuai dengan fungsi dan tugasnya, diharapkan mampu berperan aktif dalam menumbuhkembangkan dan menggerakan upaya-upaya konservasi sumberdaya alam di tengah masyarakat.

 Hingga tahun 2012, jumlah kader konservasi tingkat pemula yang telah dibentuk dan di bawah binaan Balai KSDA Lampung sebanyak 350 orang yang berasal dari kelompok pecinta alam (KPA), mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum. Sebagai mitra Balai KSDA Lampung dalam pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan, pengembangan dan pembinaan yang efektif, intensif, serta optimal sangat diperlukan untuk menciptakan kader konservasi yang memiliki kapasitas teknis, kemampuan, kepekaan, dan kepedulian terhadap kelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya yang secara keseluruhan dapat diimplementasikan dan disinergikan dalam bentuk kegiatan Pembentukan Kader Konservasi Tingkat Pemula tahun 2013.

 Kegiatan yang berlangsung di Lembaga Konservasi Bumi Kedaton Bandar Lampung pada tanggal 5-8 Desember 2013 dikuti 30 peserta, berasal dari KPA, mahasiswa, kelompok tani, guru, dan anggota TNI AL, dan umum. Metoda penyajian melalui ceramah dan tanya jawab, diskusi, dan praktek lapangan. Materi yang disampaikan mencakup materi di dalam kelas yang terdiri dari kehutanan umum, dasar-dasar kepemimpinan, flora dan fauna Indonesia, dasar-dasar konservasi, bina cinta alam, wisata alam, perlindungan hutan, kebakaran hutan, kependudukan dan lingkungan hidup, kebijakan kehutanan, serta teknik penyusunan laporan. Narasumber berasal dari pejabat struktural, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Polisi Kehutanan, dan staf Balai KSDA Lampung. Sedangkan materi di luar kelas berupa praktek lapangan yang terdiri dari dasar-dasar ekologi mengenai analisa vegetasi dan pengenalan jenis satwa, P3K mengenai penanganan patah tulang, dan SAR dengan narasumber berasal dari Universitas Lampung dan Basarnas Provinsi Lampung.

 Seusai penyampaian materi di dalam kelas, diadakan diskusi dan tanya jawab untuk mengetahui tingkat serapan, pemahaman, dan opini peserta terhadap materi yang diberikan. Demikian pula setelah praktek lapangan, peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok, menyusun laporan kegiatan yang kemudian dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.

Kemudian, monitoring dan evaluasi dilakukan sebagai fungsi kontrol terhadap keseluruhan kegiatan apakah berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, yang mencakup tiga hal, yaitu evaluasi terhadap peserta, penyelenggara kegiatan, dan narasumber. Berdasarkan monitoring dan evaluasi, 29 peserta lulus sebagai Kader Konservasi Tingkat Pemula dan 1 orang tidak lulus disebabkan oleh presensi/kehadiran dibawah 90%. Sedangkan terhadap penyelengaraan dan narasumber kegiatan tidak dijumpai kendala yang berarti.

 Kegiatan ini merupakan langkah awal proses peningkatan kapasitas kader konservasi yang diharapkan dapat dijadikan pionir kemitraan dan kerjasama pada masa yang akan datang, oleh karena itu keberhasilan kegiatan ini sangat ditentukan oleh dukungan dan peran serta dari seluruh pihak terkait.

*** Wahyu Hidayat, S.Hut., M.E.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s