RAKATA

Ragam KSDA Dalam Berita

Berani Angkut Buaya Muara, Siap Diangkut ke Sel

Tinggalkan komentar

press release kasus perburuan buaya muara tulang bawangAH (45 tahun) warga Jl. Kampung Lorong Setia Kecamatan Pelaju Kota Madya Palembang Sumatera Selatan dan EK (45 tahun) warga Kelurahan Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam Sumatera Barat adalah 2 orang tersangka yang diringkus petugas Balai KSDA Lampung karena kedapatan mengangkut 5 ekor buaya muara (Crocodylus porosus) pada tanggal 12 Februari 2014 di Kecamatan Purnawartama Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.

Buaya muara merupakan satwa karnivora yang tergolong buas dan seringkali kedapatan melukai manusia. Namun begitu, buaya masih kerap diburu manusia yang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan kulitnya yang bernilai jual tinggi. Terdapat 4 jenis buaya di Indonesia yang keberadaannya dilindungi, yaitu buaya muara (Crocodylus porosus), buaya siam (Crocodylus siamensis), buaya air tawar irian (Crocodylus novaeguineae), dan senyulong atau buaya sampit (Tomistoma schlegelii).

Tersangka dijebloskan ke dalam sel tahanan di Polres Tulang Bawang dan dijerat dengan Pasal 21 Ayat (2) Huruf a dan atau Huruf c jo. Pasal 40 Ayat (2) Undang-undang Nomor 5 tahun 1999 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak seratus juta rupiah. Barang bukti yang diamankan petugas berupa 4 ekor buaya muara dalam keadaan hidup yang kemudian dilepasliarkan di Taman Nasional Way Kambas sedangkan 1 ekor lainnya dalam keadaan mati, diawetkan (diopset) untuk kepentingan pembuktian di pengadilan.

*** M. Haryanto, S.H., M.Hum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s