RAKATA

Ragam KSDA Dalam Berita

Pisah Sambut Kepala Balai KSDA Lampung

Tinggalkan komentar

DSC_3907aSetiap ada Pertemuan pasti ada perpisahan, sebuah kata mutiara klasik yang menjadi nyata bagi Balai KSDA Lampung di awal Juli ini. Ya, terjadi pergantian Kepala Balai dalam tubuh BKSDA Lampung. Acara pisah sambut pun digelar. Tentunya, acara ini sebagai ajang perpisahan kepada Kepala Balai lama, Ir. Supriyanto, dan menyambut Kepala Balai baru, Subakir, S.H.,M.H.. Acara digelar sederhana di halaman Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Balai KSDA Lampung pada tanggal 8 Juli 2013 yang lalu.

Acara ini dihadiri oleh para pemimpin UPT kementerian Kehutanan di Provinsi Lampung, jajaran pemimpin Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Universitas Lampung, dan mitra kerja BKSDA Lampung lainnya, serta seluruh pegawai BKSDA Lampung. Acara yang bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan diisi juga dengan ceramah keagamaan. Selain itu, acara yang berlangsung penuh kekeluargaan ini diramaikan dengan penyampaian beragam kesan dan testimoni dari berbagai pihak untuk kepala balai lama dan baru. Berbagai lontaran jokes dan gurauan semakin menghangatkan suasana acara pisah sambut.

Bapak Ir. Supriyanto, yang akrab disapa Pak Pri, mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak selama menjalankan tugas di Balai KSDA Lampung. Menurutnya, semua pencapaian yang didapatkan tentunya bukan merupakan hasil kerja individu. Prestasi dan keberhasilan BKSDA Lampung, terutama dalam 2 tahun terakhir, merupakan hasil dari kerja keras para pegawai BKSDA Lampung dan didukung oleh berbagai pihak sebagai mitra kerja BKSDA Lampung. Beliau mengakui bahwa bertugas di Lampung memberikan pengalaman yang berharga bagi dirinya. Beliau juga berpesan kepada segenap jajaran BKSDA Lampung untuk mendukung pelaksanaan program dan kebijakan yang digalang oleh kepala balai baru dalam kaitannya dengan pencapaian visi dan misi BKSDA Lampung. Selanjutnya, Pak Pri akan bertugas sebagai Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan. Sebuah amanah baru yang tentunya tidak akan lebih mudah dijalani.

Dalam sambutan perdananya, Bapak Subakir,S.H.,M.H. mengajak seluruh pegawai Balai KSDA Lampung untuk terus bersemangat dalam bekerja untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi organisasi. Sebelumnya, Pak bakir bertugas sebagai Kepala Bidang Wilayah II Padang Sidempuan pada Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Beliau juga mengajak seluruh mitra kerja Balai KSDA Lampung untuk terus mempererat kerja sama dalam penyelenggaraan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya di Provinsi Lampung. Selanjutnya, beliau akan segera mengevaluasi pencapaian tupoksi organisasi untuk menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan. Beliau berkomitmen untuk terus menjalankan program-program yang telah berhasil dan memperbaiki program yang belum berjalan baik. Beliau berharap dapat membawa manfaat dan perubahan ke arah yang lebih baik.

Dalam sambutan mewakili para pegawai BKSDA Lampung, Bpk Joko Susilo, A.Md. menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kinerja kepemimpinan Bapak Ir. Supriyanto selama lebih dari 2 tahun. Beliau juga menyambut baik kedatangan pemimpin baru dan menyatakan dukungan dari para pegawai BKSDA Lampung kepada Kepala Balai baru. Harapannya, kepala balai baru dapat meningkatkan kinerja Balai KSDA Lampung ke depannya.

Dalam konteks keorganisasian, proses perpindahan atau mutasi pegawai maupun rotasi pejabat merupakan dinamika organisasi yang wajar sebagai bagian dari pembinaan dan pengembangan karir serta kaderisasi kepemimpinan yang adil dan terbuka. Di samping itu, mutasi jabatan diperlukan guna menampung pemikiran dan langkah-langkah baru untuk meningkatkan kinerja organisasi untuk menjalankan tugas dan fungsi serta mencapai visi misinya. Seperti kita ketahui bersama bahwa Balai KSDA Lampung memiliki visi “Tanggap dan Tangguh dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya di Provinsi Lampung Mendukung Kelestarian yang Berkeadilan”. Seluruh proses yang terjadi harus didayagunakan sebagai upaya pencapaian visi dan misi organisasi.

Setiap pergantian kepemimpinan akan memunculkan proses transisi atau masa penyesuaian. Proses mutasi atau perpindahan pegawai pada umumnya dapat dikatakan sebagai awalan mundur untuk melangkah maju. Hal ini dikarenakan akan ada masa penyesuaian yang pastinya akan membutuhkan waktu tertentu yang berpotensi berpengaruh terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu organisasi. Harapannya, proses ini dapat dilewati dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti. Sehingga, tujuan utama dari proses pergantian ini yaitu peningkatan prestasi dan produktivitas kerja organisasi Balai KSDA Lampung, dapat dicapai dalam waktu singkat.

Akhirnya, selamat bekerja dan berkarya di tempat yang baru, Pak Pri. Selamat bekerja dan berkarya kepada Kepala BKSDA Lampung yang baru, Bpk. Subakir.

***Wyh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s