RAKATA

Ragam KSDA Dalam Berita

IndoGreen Forestry Expo Tahun 2013

Tinggalkan komentar

IMG_3531IndoGreen Forestry Expo merupakan acara ekshibisi kehutanan yang rutin diselenggarakan Kementrian Kehutanan setiap tahun. Pameran IndoGreen Forestry Expo  yang ke-5 ini diselenggarakan di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre pada tanggal 4 – 7 April 2013. Acara ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah “Sustainable Growth with Equity in Forestry Sector Toward 2020” dan mendukung upaya merealisasikan Konsep Gaya Hidup Yang Hijau Menuju Indonesia Hijau (Green Living Concept Towards Green Indonesia).

Pameran kehutanan ini diikuti kementerian dan berbagai lembaga terkait, BUMN dan BUMS, pelaku bisnis sektor pertambangan dan migas, kehutanan, Pemda, LSM, serta organisasi pemerhati kehutanan. Jumlah peserta tahun 2013 ini sebanyak 225 stand, meningkat 30 % dibandingkan tahun lalu.

Pameran ini merupakan ajang promosi kepada khalayak luas tentang potensi yang dimiliki oleh sektor kehutanan, tata cara pengelolaan hutan, pemanfaatan berkelanjutan dan pelestarian hutan beserta hasil hutannya baik kayu maupun non kayu. Bagi sektor swasta, IndoGreen Forestry Expo ini merupakan media sosialisasi atas aksi mereka dalam pembangunan kehutanan baik dalam bentuk reklamasi hutan maupun lahan bekas tambang.

IndoGreen Foresty Expo ke-5 ini dibuka oleh Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan. Ratusan Sahabat Alam yang merupakan siswa sekolah dasar dari beberapa wilayah di Jakarta menyambut kedatangan Menteri Kehutanan sambil memegang pot berisi bibit tanaman. Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan Tarian Adat Mentawai dari Provinsi Sumatera Barat dan Reog Ponorogo dari Provinsi Jawa Timur.

Dalam keikutsertaan yang ke-3 kalinya ini, seperti tahun-tahun sebelumnya Balai KSDA Lampung berusaha menampilkan berbagai materi dan media promosi secara informatif, edukatif, dan atraktif. Media informasi tersebut berupa poster Lahan Basah Tulang Bawang, leaflet satwa dan tumbuhan yang dilindungi serta banner, buku, leaflet, dan gantungan kunci tentang “CA&CAL Krakatau”. Selain itu, Balai KSDA Lampung juga menampilkan akuarium yang berisi terumbu karang hasil transplantasi berikut tiga jenis ikan hias sebagai ornamen tambahannya.

Pada hari pertama pameran, stand Balai KSDA Lampung dikunjungi oleh tamu kehormatan, yaitu Menteri Kehutanan RI, Bapak Zulkifli Hasan,S.E.,M.M., beserta rombongan, serta tamu lainnya baik dari lingkup Kementerian Kehutanan maupun dari instansi lainnya. Selama penyelenggaraan pameran, stand Balai KSDA Lampung ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, pengusaha, dan masyarakat umum lainnya.

Para pengunjung sangat antusias terhadap berbagai materi dan media yang ditampilkan Stand Balai KSDA Lampung. Seluruh materi yang disiapkan habis diminta para pengunjung. Bahkan, menjelang acara penutupan pameran pun masih banyak pengunjung yang bertanya seputar konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya di Provinsi Lampung khususnya tentang CA dan CAL Kepulauan Krakatau yang terkenal bahkan sampai ke tingkat internasional.

Semoga penyelenggaraan pameran ini dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan kehutanan di Indonesia, khususnya terhadap berbagai upaya konservasi sumber daya alam hayati & ekosistemnya. Sampai jumpa di ajang pameran berikutnya.

***Lnw.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s