RAKATA

Ragam KSDA Dalam Berita

Diklat Kader Konservasi Tahun 2011, Mencetak Para Kader yang Handal dan Terampil

Tinggalkan komentar

Peserta Kader Konservasi Tahun 2011

Pendidikan dan Pelatihan Kader Konservasi adalah salah satu upaya dari BKSDA Lampung untuk mencetak manusia yang sadar konservasi. Para kader ini diharapkan nantinya menjadi pelopor dan penggerak dalam upaya konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya.  Kader Konservasi juga diharapkan dapat menjadi motivator dan dinamisator konservasi ditengah-tengah masyarakat, serta menyampaikan informasi dan pesan–pesan konservasi yang benar kepada masyarakat. Diklat Kader Konservasi juga diharapkan mampu mencetak para kader konservasi yang handal dan terampil dalam mengemban tugas dan kewajibannya.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kader Konservasi Tahun 2011 yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari yang dimulai pada hari Jum’at 7 Oktober 2011 dan berakhir pada hari Senin 10 Oktober 2011 dibuka secara langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha BKSDA Lampung Bpk. Subakir, SH, MH. 30 (tiga puluh) orang peserta dari berbagai kelompok pecinta alam yang ada di Propinsi Lampung, diantaranya adalah Hymasilva, Artala Darmajaya, Maharipal, Gumpalan, Mapala Umitra, Mapala Unila, Mahusa, Mapala Jurai Siwo, Mapasanda, dan Kappa Rajabasa, mengikuti acara Diklat Kader Konservasi ini. Antusiasme peserta terlihat pada saat kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di aula Balai KSDA Lampung maupun pada saat praktek yang dilaksanakan di Taman Wisata Bumi Kedaton. Suasana santai dan penuh keakraban namun  tetap serius ditunjukkan antara sesama peserta, pengajar/instruktur dan panitia.

Diklat Kader Konservasi Tahun 2011 menghadirkan pengajar dan instruktur dari lingkup Balai KSDA Lampung, Pengajar Jurusan Kehutanan Universitas Lampung dan dari Badan SAR Nasional Wilayah Lampung. Ada 14 materi dengan total 30 jam pelajaran yang terdiri dari 24 jam teori dan 6 jam praktek. Materi tersebut meliputi materi kelompok dasar yaitu Kehutanan Umum, Dasar-dasar Kepemimpinan, Kebijakan Dephut Bidang KSDAH&E, serta Kependudukan dan Lingkungan Hidup, materi kelompok inti yaitu Dasar-dasar Ekologi, Flora Fauna Indonesia, Dasar-dasar Konservasi serta Pembinaan Cinta Alam,   materi kelompok penunjang yaitu Wisata Alam, serta P3K dan SAR, praktek lapangan juga laporan dan diskusi. Dari ke-14 materi yang disampaikan ini secara keseluruhan dapat diserap dan diterima dengan baik oleh para peserta Diklat Kader Konservasi.

Melalui Diklat Kader Konservasi Tahun 2011 ini, BKSDA Lampung telah berhasil meluluskan 30 orang sebagai anggota kader konservasi. Menurut kepala BKSDA Lampung, Bpk. Ir Supriyanto, pada kesempatan acara penutupan menyampaikan, 30 orang yang saat ini telah lulus menjadi anggota kader konservasi diharapkan mampu menjadi ujung tombak dan menjadi mitra terbaik bagi Balai KSDA Lampung dalam penyelesaian masalah-masalah konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya di Propinsi Lampung. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada peserta, pengajar dan panitia yang telah bekerjasama dengan baik sehingga pelaksanaan Diklat Kader Konservasi Tahun 2011 ini dapat terselenggara dengan tertib dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Acarapun ditutup dengan pelepasan tanda peserta serta pemberian sertifikat dan kartu anggota oleh Kepala Balai KSDA Lampung kepada seluruh anggota kader konservasi.

***Srf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s